Jumat, 30 Maret 2012

Catatan Hati Yang Cemburu by Asma Nadia dkk


"Paling kuat tali hubungan keimanan ialah cinta karena Allah, 
dan bencipun karena Allah"
(HR Ath-Thabrani)

Buku ini berisi segala cerita tentang cemburu dengan sebab yang berbeda, seperti buku Asma Nadia sebelumnya
(Sakinah Bersamamu, Catatan Hati Seorang Istri) buku ini sangat perempuan sekali bercerita tentang rumah tangga dan permasalahannya. 
Cemburu-cemburu yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari diceritakan dalam 19 tulisan. Ada cemburu terhadap mertua, cemburu terhadap orang ke tiga dalam rumah tangga, cemburu terhadap hobby dan cemburu terhadap istri ke dua. Hhhhmmm begitu banyak hal yang bisa bikin istri cemburu, jika cemburu sudah datang, apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara mengatasinya??

Tak hanya bercerita bagaimana cemburu itu datang tapi juga bagaimana solusi yang diambil, yang tetap menjadi pegangan adalah iman, tuntunan agama, logika dan tidak emosional. Kita bisa banyak belajar dari teori-teori yang ada tapi kita juga bisa belajar dari pengalaman dan cerita seseorang, kadang jika berbentuk cerita pengalaman seseorang akan lebih ingat daripada hanya sekedar teori.

Jika anda sedang cemburu buku ini bisa jadi referensi, tapi tentu saja hal yang pertama kali dilakukan seperti kata mbak Asma Nadia, "saat cemburu menerpa, dekatkan diri pada Sang Pencipta. Dia dan hanya Dia sumber segala ketentraman hati".

"Cinta,
tak semua cemburu itu buta
atau tak perlu"

"Berhati-hatilah kalian dari buruk sangka sebab buruk sangka itu sedusta-dusta cerita (berita) ; jangan menyelidiki ; jangan memata-matai (mengamati) hal orang lain ; jangan tawar-menawar untuk menjerumuskan orang lain, jangan hasut menghasut, jangan benci-membenci ; jangan belakang-membelakangi, dan jadilah kalian sebagai hamba Allah itu saudara"
(HR Abu Hurairah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar