Senin, 25 Oktober 2010

Samsara by Zara Zettira ZR

"Everything happens for a reason" Semua kejadian pasti ada alasan dan maksud tujuannya
Samsara berasal dari bahasa sansekerta yang berarti "Sam" adalah kebersamaan dan "Sarati" adalah "yang mengalir", lingkaran kehidupan yang berkesinambungan dan tidak pernah terputuskan, tiada awal dan tiada akhir.
Novel yang bercerita tentang filosofi kehidupan, ada takdir, nasib dan cinta, dengan latar belakang adat istiadat kebudayaan jawa. Asia salah satu tokoh dalam buku ini berjuang mengupayakan nasibnya, tapi ketika dia terpuruk ke dalam kejadian yang tidak sesuai dengan keinginanya dia ingin melawan takdir dengan cara melawan kehendak Nya. Ternyata cara itu membuat dia terhempas, karena takdir tidak dapat dilawan tapi nasib dapat diupayakan, berdoa,berusaha, bersabar, bersukur dan tawakal adalah kunci dari kepasrahan seorang anak manusia terhadap ketentuanNya.
Dalam salah satu halaman diceritakan "Beban yang terberat dalam batin kita sesungguhnya adalah rasa menyalahkan diri sendiri. Sebab bagaimana mungkin kita menemukan ketentraman jika ada musuh dalam diri sendiri. Lebih baik mensyukuri apa yang terjadi pada diri sendiri, kemudian terimalah samsara kita, karena Allah tau yang terbaik untuk umatnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar