Jumat, 20 September 2013

Scappa Per Amore (Lari Karena Cinta) by Dini Fitria


Jika dinegara mayoritas muslim ini kita sering berselisih paham, meributkan hal-hal yang tidak penting. Bayangkan seorang muslim di negara minoritas muslim di ujung dunia sana, untuk beribadah saja sulit menemukan mesjid apalagi fasilitas untuk menambah ilmu agama. Maka bersyukurlah jika kita tinggal di negara mayoritas muslim, mesjid ada dimana-mana, suara adzan terdengan lima kali sehari, makanan halal banyak tersedia. Tinggal bagaimana cari kita mensyukuri keadaan ini apakah menjadi lebih baik atau tidak.

Berawal dari program Jazirah Islam setiap bulan Ramadhan yang dibuat dan dipandu oleh penulis di salah satu media telivisi dengan tema kehidupan muslim di negara minoritas maka lahirlah sebuah catatan perjalanan yang berbentuk novel. Tiap perjalanan di negara Eropa mempunyai cerita yang menarik ketika hidayah Allah itu datang sesulit apapun keadaan, dalam nikmat iman semua akan terasa tenang dan indah.

Diawali dengan latar cerita cinta yang tak sampai hingga membuat Diva tokoh di novel ini berkeliling Eropa untuk tugas kerja serta menata hatinya yang retak. Perjalanan dari satu negara ke negara lain mengurai banyak makna dalam setiap peristiwa termasuk makna spritual yang tak terlupakan dan tergantikan.

Menarik cerita pada salah satu bab buku ini, adanya pemimpin muslim di Italia yaitu Arturo walikota Monte Argentario Italia. Istrinya wanita kelahiran Jawa warga negara Indonesia. Tentu tidak mudah menjadi pemimpin seorang muslim di negara Eropa dimana masih banyak pandangan negatif terhadap seorang muslim. Keraguan masyarakat dibuktikan Arturo lewat perbuatan bukan kata-kata, dan berhasil membuat kota yang dipimpinya menjadi lebih baik.

Membaca buku ini membuat pikiran kita seperti melangkah dan melihat langsung benua eropa dan bagaimana bentuk komunitas muslim disana. Terbukti bahwa islam itu rahmatan lil alamin bagi umatnya dimanapun berada.

Saya juga suka dengan kalimat perasaan sayang dan cinta Diva terhadap mamanya. Sangat menyentuh dan terasa di hati. Yang dibuat dari hati akan sampai juga ke hati.
Sukses Dinnn... teruslah berkarya barakallah........


3 komentar: