Sabtu, 19 Agustus 2017

Merdeka itu....

Merdeka itu adalah......
Hhhmmm sudah terlalu banyak orang mendefinisikan apa arti kemerdekaan. Bagi saya semua benar karena setiap orang mempunyai pikiran berbeda tergantung dari sudut mana mereka memandang arti kemerdekaan sepanjang hal tersebut dalam koridor kebaikan.

Saya sendiri kalau ditanya arti kemerdekaan mempunyai banyak definisi tergantung pada saat kapan saya ditanya. Sewaktu zaman sekolahan jika ditanya arti kemerdekaan, 17 Agustus saatnya upacara dan setelah upacara nonton pameran kemerdekaan yang ada setiap bulan Agustus di kota saya yang tujuannya jajan makanan :)

Saat masih kuliah, jawaban saya mungkin agak sedikit idealis dan filosofis , ceileee :)

Sekarang jika ditanya saat sudah menjadi emak emak rempong dengan segala kerusuhannya dan sedang berjuang untuk Istiqomah dalam berhijrah, jawabannya saya lebih berorientasi akhirat dan kenyamanan.

Jadi ....masih penting definisi sebuah kemerdekaan?

Iya donk klo ga kita ga punya arah tujuan apa yang mau kita capai. Tapi tidak berhenti di definisi yang penting pelaksanaan. Apa yang ingin kita capai dari sebuah kemerdekaan. Terlalu sayang dengan bangsa ini. Ga ingin bangsa ini hancur dan ribut tanpa makna.  Mari terus berbuat kebaikan dan berkarya. Tenggelamkan saja sifat dan sikap yang hanya merugikan bangsa ini.

Semoga semangat kemerdekaan tidak hanya ada pada bulan Agustus saja tapi setiap hari untuk memberikan bukti bahwa kita tidak lelah untuk mencintai negeri ini sebagai bukti syukur kita kepada Allah yang telah memberikan begitu banyak kemudahan dan nikmat kepada bangsa ini disamping ujian dan fitnah yang kita alami . Semoga pemimpin dan rakyat bangsa ini mencintai Allah dan Allah pun mencintai kita semua. 
Merdeka !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar