Selasa, 21 Maret 2023

Membersihkan Hati


Apa yang harus kita siapkan untuk menyambut ramadhan agar kita benar-benar bisa fokus dengan beribadah.
Sepengetahuan saya selama ini, selain ilmu tentang ramadhan, meminta pertolongan Allah, menghadirkan rasa bahwa ini adalah ramadhan terakhir kita agar hati kita lebih khusuk. 
Beberapa hari lalu saya dengar kajian dengan tema mempersiapkan ramadhan.
 Ustad menjelaskan sesuatu dari sudut pandang yang lain yang terus terang tidak terpikirkan oleh saya. 
Kebersihan hati merupakan bagian penting dari kesuksesan kita beribadah. Apakah tahun lalu target ibadah kita terlampaui, bagaimana dengan dua atau lima tahun yang lalu? Jika ibadah kita tidak sesuai dengan target yang kita canangkan misalkan khatam Al-Qur'an berapa kali selama Ramadhan, shalat malam yang tidak full, bisa di cek apakah hati kita telah bersih. Karena pokok dari segala hal itu adalah hati yang bersih. 
Ilmu agama saya memang tahap baru belajar, pendidikan saya juga bukan sekolah agama makanya sering ketika mendengar ceramah agama pikiran saya suka mengatakan loh gitu ya, kok bisa sih? Tapi itulah  belajar, nikmatnya mendapatkan ilmu, sebagai seorang penuntut ilmu, jika hal yang disampaikan sudah sesuai dengan Alquran dan hadis nabi, sikap saya hanya taat dan patuh. 
Yang saya senangi itu jika saya tau hal tentang sesuatu saya suka menghubungkan dengan kejadian yang saya alami. Misalkan tentang kebersihan hati. Sering terjadi jika kita mempunyai perasaan tidak senang, jengkel, marah dan hal lainnya efek yang di timbulkan biasanya penyakit dan itu langsung bisa berupa maag, sesak dan lainnya. Jadi benar logis apa yang disampaikan gurunda, jika hati yang kotor saja bisa membuat jasad kita sakit apalagi bathin kita, Masya Allah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar