Senin, 11 Mei 2015

Sunnah Ketika Bersin dan Menguap (Buku Panduan Amal Sehari Semalam : Ummu Ihsan dan Abu Ihsan al-Atsari)


Alhamdulillah dapat kesempatan waktu dan sehat lagi untuk datang dan duduk di majelis ilmu mesjid At Taqwa bersama umi Yunengsih. Semoga membawa amal kebaikan, mendapat rahmat dan ridho Allah, berkah ilmunya baik yang mengajarkan dan diajarkan dan  dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Bismillahirrahmanirrahim.....................

Ketika saya membaca judul tema kajian yang langsung terpikirkan oleh saya, Subhanallah islam itu benar-benar agama yang sempurna, hal-hal kecil saja dalam kehidupan manusia yang apabila selintas itu merupakan hal biasa yang bahkan tidak terpikirkan oleh kita. Jujur, saya ketika bersin dan nguap tidak  pernah mikir sampai panjang apa dan bagaimana yang harus saya lalukan. Yang saya tau hanya bersin itu buang penyakit dan ucapkan Alhamdulillah sedang nguap itu tanda mengantuk dan secara kesopanan maka tutup mulut ketika menguap. Saya tidak tau ada amalan sunnah yang menyertai perbuatan tersebut. Masya Allah, Alhamdulillah saya yang fakir ilmu ini dapat ilmu penting lagi, nikmat dan bahagia rasanya. Sekaligus saya malu, Ya Allah kemana aja saya selama ini belajar macam-macam tapi kok amalan yang kliatan sepele tapi selalu saya alami saya ga tau. Ya Allah maafkan saya :( semoga ilmu ini menjadi ilmu yang bermanfaat. Aamiin...............

Bersin adalah sesuatu yang di sukai oleh Allah karena bersin mengeluarkan penyakit yang ada dalam tubuh kita. Sunnah Nabi ketika kita bersin yaitu :

1. Meletakkan tangan atau baju ke mulut ketika bersin

Saya pikir ini pertama kali diajarkan di sekolah kepribadian ternyata nabi jauh sebelum zaman ini telah mencontohkan perbuatan tersebut. Sungguh Rasul adalah sebaik-baik contoh.

Dalam salah satu hadis dinyatakan, "Tatkala bersin, Rasulullah meletakkan tangan atau bajunya ke mulut, dan beliau merendahkan suaranya"

Hikmahnya, terkadang ketika seseorang bersin keluarlah air liur dari mulutnya hingga dapat mengganggu orang yang berada di sebelahnya, atau menjadi penyebab tersebarnya penyakit dengan izin Allah.
Maka tidak layak bagi seseorang untuk menganggu saudaranya atau membuat mereka lari darinya, Subhanallah..

2. Mengecilkan suara ketika bersin

Karena tidak sedikit orang yang merasa terganggu atau terkejut dengan kerasnya suara bersin

3. Memuji Allah setelah bersin

"Jika salah seorang di antara kalian bersin, maka hendaklah ia mengungkapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah). Jika ia mengatakannya, maka hendaklah saudara atau temannya membalasnya dengan mengucapkan yarhamkumullah (Semoga Allah merahmatimu). Lantas jika temannya mengucapkan yarhamkumullah, maka hendaklah ia mengucapkan balasan yahdikumullah waryushblibu balakum (semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu)

Rasulullah saw berkata : "Sesungguhnya Allah menyukai bersin, dan Dia membenci menguap. Maka jika salah seorang dari kalian bersin serta memuji Allah, wajib atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mengucapkan tasymit (yarhamukullah)

4. Tidak perlu mendoakan orang yang bersin tiga kali berturut turut

Sabda Rasul : "Doakanlah saudaramu yang bersin tiga kali, dan jika lebih dari itu berarti ia sedang pilek"

5. Tidak mengucapkan tasymit terhadap orang kafir yang bersin meskipun ia memuji Allah

Dahulu orang Yahudi sengaja bersin di dekat nabi dengan harapan mengucapkan Yarhamukullah tetapi beliau malah mengatakan : "Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan memperbaiki keadaanmu"


Sunnah Ketika Menguap

Rasulullah saw berkata  "Bersin itu dari Allah dan menguap itu dari syaitan. Jika salah seorang kalian menguap, maka tutuplah mulutnya dengan tangannya. Dan jika ia mengatakan Aoahh, berarti syaitan sedang tertawa di dalam perutnya. Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap"

Jika menguap di benci oleh Allah bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan pahala, karena menguap juga terjadi karena kehendak Allah. Mengapa Allah membenci? karena setan berusaha masuk ke dalam tubuh manusia dan ketika syeitan sudah masuk maka ia dapat menimbulkan hal yang tidak baik bagi diri kita. Berbeda dengan bersin yang disukai Allah karena pada saat bersin penyakit yang ada dalam tubuh manusia ikut keluar. Bagaimana Allah tidak cinta kepada kita Manusia. Dia menyukai kita sehat dan terlepas dari syaitan. Ya Allah terima kasih atas segala cintaMu ini. 
Oleh karena itu maka kita perhatikan beberapa anjuran Rasul ketika menguap.

1. Tolak dan tahanlah semampu mungkin

Maksudnya kita berusaha untuk menolak, mengalahkan dan menahannya. Khususnya ketika sedang sholat.

Rasulullah bersabda : "Apabila salah seorang dari kalian menguap dalam sholat, hendaklah ia berusaha menahannya karena syaitan sedang berusaha masuk"

Kita tidak perlu heran, karena syaitan adalah makhluk yang tercipta dari api yang dapat berubah, berpindah dan bergerak seperti udara dan angin.

2. Meletakkan tangan pada mulut

Maksudnya, agar mulut tidak terbuka ketika menguap, sebuah kondisi dimana manusia terlihat buruk penampilannya dan pada saat itu pun syaitan sedang berusaha masuk ke dalam tubuhnya.

Rasulullah bersabda: "Apabila salah seorang kalian menguap, maka hendaklah ia tahan mulutnya dengan tangannya, karena syaitan sedang berusaha masuk"

Tujuannya agar tidak terdengar suara Aoh pada saat menguap.


Alhamdulillah semoga bisa mengamalkan ilmu ini, karena ilmu ini juga diberikan karena Allah dan Rasul cinta kepada umatnya dan Dia ingin kita mendapatkan kondisi yang terbaik. Masya Allah..indah dan nikmat Nya islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar