Senin, 12 Oktober 2015

#Masih Melawan Asap, Yang Gak Tau Sampai Kapan

Tahun lalu saya nulis di blog ini tentang asap, sekarang musim asap muncul lagi dan kabar buruknya udah tiga bulan lebih belum teratasi dan korban semakin banyak, Pertanyaan nya, sampai kapan ini berakhir??

Asap ini muncul karena pembakaran lahan, pembakaran lahan ini terjadi karena mereka hendak membuka usaha kelapa sawit, usaha kelapa sawit ini yang punya perusahaan swasta, perusahaan swasta ini membuka usaha karena ada izin dari pemerintah setempat, hasil dari usaha ini selain dinikmati oleh pengusaha, pemerintah juga penduduk setempat dan korban dari asap ini masyarakat setempat dan yang di luar daerah tersebut serta masyarakat yang mendapat keuntungan ekonomi maupun tidak.

Apalah arti pertumbuhan ekonomi yang naik dan keuntungan yang di dapat jika mendzalimi orang lain. Apalagi korban yang terbanyak balita yang tidak tau urusan fulus.
Tidak bisa menyalahkan satu pihak karena jelas alurnya berkaitan dengan banyak pihak. Jika semua pihak mempunyai niat dan tujuan yang sama, membuat usaha dan mencari keuntungan yang tidak merusak alam dan orang lain, maka persoalannya selesai. 
Pihak perusahaan mencari jalan bagaimana cara membuka lahan yang efisien tanpa harus membakar hutan. Pemerintah juga memberi syarat dalam pemberian izin bahwa pihak perusahaan harus menjaga pemeliharaan alam dan apabila melanggar sangsinya tegas.

Mungkin mereka lupa atau perlu diingatkan lagi bahwa kelak mereka akan dimintai pertanggung jawaban apa yang telah mereka lakukan. Dan mereka tidak akan bisa mengelak ketika tangan dan kaki yang berbicara sedangkan mulut terkunci. 

Perbanyak doa dan istigfar, ingatkan pemimpin kita bahwa ada yang harus di perbaiki dan di tindak tegas. Bukan membenci pemimpin dan pemerintahan yang sekarang tapi bersama-sama membantu dan mengingatkan agar kita semua mendapat negeri yang berkah, yang mencintai Allah dan Allah pun mencintai kita. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar