Jumat, 14 September 2018

Inilah Jalan Hijrahku From hopelessness to Acceptance by Rene Suhardono dan Intan Yamuna


Saya menyukai tulisan Rene dari dulu, tulisan mingguan di kompas, buku 'your job is not your career', Ultimate, tuntas saya baca. Suka mengenai konsep idenya, meaningful dan ada pencerahan pemikiran. 

Sewaktu saya menemukan akun ig nya dan stories ig nya banyak bercerita tentang hijrah. Disitu saya tercenung, bukankah selama ini tulisannya bercerita bagaimana menggapai dan mengisi kehidupan yang lebih baik, dan dia seorang coach pengembangan pribadi, sekarang kenapa dia bisa bercerita tentang hidupnya yang tersesat?

Kemudian saya baca buku tentang hijrah ini ;

"Apa arti kepiawaian menata banyak hal dalam kehidupan ini, tetapi awam soal kehidupan kekal sejati yang menanti kita kelak?"

"Apa guna berbagai kemahiran mengolah tubuh Dan pikiran, tetapi Pandir tentang seluk hati dan jiwa kita sendiri"

"Apa manfaat segala bentuk pencarian ilmu demi memahami alam semesta dan segenap isinya, tanpa (berupaya) memahami kehadiran Dzat Sang Maha Pencipta, Sang Maha Penguasa dan Sang Maha pengasih?"

Ternyata tiga pernyataan dari ustaz Nouman yang menjadi pembuka jalan untuk berubah.

Awalnya memang karena kemelut rumah tangga hingga memunculkan niat untuk berpisah , tetapi Allah maha baik, ujian tersebut yang menjadi jalan bagi suami istri ini untuk berubah. Dan haji menjadi jalan untuk banyak merenung tentang hakekat kehidupan.

Ternyata benar jika yang di tuju cuman dunia, dunia dan dunia maka jiwa akan lelah apalagi mengabaikan aturan Allah dan tidak dekat dengan Dia sang pengatur kehidupan.

"Kenapa hijrah? Jawaban mudahnya, konsekwensinya tobat.
Caranya? Menata, merencanakan, dan menjalani hidup sebagai ibadah. Termasuk menjauhkan diri dari pergaulan, percakapan, dan segala hal yang tidak sejalan dengan ajaran agama yang menaungi saya, Islam"

Ya itulah inti dari kisah hijrah, ketika kita merasa salah jalan selama ini tidak ada jalan lain selain berpindah ke arah yang lebih baik.

Ketenangan tidak bisa di dapat dari hal yang berbau duniawi tidak bisa juga di cari di google apalagi you tube, semakin kita kejar dunia semakin tidak tenang hidup kita. Maka banyak cerita hijrah dari orang orang, yang mereka dapatkan setelah hijrah adalah ketenangan.

Semoga Istiqomah ya mas Rene dan mba Yamuna, kita sama-sama mendoakan semoga tetap di jalan kebaikan sampai nafas terakhir

1 komentar:

  1. aku juga lama suka banget tulisan2nya pak rene, tapi pas baca kata pengantar rene buat buku nouman ali khan ,,waaw daebak

    BalasHapus