Jumat, 24 Juni 2011

"Menentukan Hati" by Zara Zettira

"Samsara dan Cerita Dalam Keheningan" adalah dua novel ZZ sebelumnya tapi setelah membaca "Menentukan Hati" saya merasa ada kesamaan prinsip dalam semua cerita tersebut. Prinsip kepasrahan dalam hidup, kepasrahan bahwa segala sesuatu yang terjadi merupakan rencana Allah SWT. Sepertinya ZZ telah banyak mengalami "kematangan" persoalan kehidupan dan perenungan hakikat tujuan dan makna hidup. Dalam "Menentukan Hati" ZZ bercerita bahwa kebahagiaan dan cinta harus diupayakan, percuma mengingkari cinta jika rasa itu begitu menggelora dalam dada. "Mandiri tak berarti harus selamanya sendiri dan Tegar bukan berarti harus membuktikan diri dengan penolakan dan bermain dengan kegetiran hidup secara terus menerus. Terus terang saya sangat suka dengan 3 novel terakhir ZZ, tidak hanya bercerita fiksi tapi juga dibungkus dengan makna dan filosofi dalam setiap kata. "Samsara" bercerita saat takdir menghampiri, mampukah manusia menghindari Samsara-nya? Samsara adalah lingkaran kehidupan yang berkesinambungan dan tidak terputuskan. Tiada awal.Tiada akhir. Takdir, hidup, mati dan jodoh adalah...Samsara. Begitu manisnya ZZ menuturkan mana nasib yang harus diupayakan dan mana takdir yang harus diterima dengan ikhlas. Membaca novel ZZ ini seperti menyadarkan bagaimana respon kita terhadap hidup, ketika ikhtiar dan keikhlasan bersanding secara beriringan.
Novel "Cerita Dalam Keheningan" mengingatkan saya buku "Eat,Pray and ♥" sepertinya ZZ banyak terinspirasi dari buku tersebut. Manusia perlu "keheningan dan mata bathin" dalam melihat cobaan dan penderitaan, jika sudut pandang kita menjadi berbeda dalam menyikapi rasa sakit maka kita akan sampai pada makna kehidupan yang sebenarnya yaitu rasa Syukur.
Kecerdasan dan Kematangan ZZ dalam menulis novel membuat saya kagum dan iri, batapa suatu saat saya begitu ingin menghasilkan karya yang berkualitas sama dengan yang ZZ hasilkan. Aamiin doakan yaaa :))
Powered by Telkomsel BlackBerry®

1 komentar:

  1. Manis dikisahkannya buat ąкu semakin mantap ingin membaca novel Menentukan Hati karya Mbak ZZ. Thank yoυ:)

    Salam,
    Oya

    BalasHapus