Jumat, 15 Juli 2011

Notes From Qatar (Muhammad Assad) Yang Mencerahkan

Dari menulis blog akhirnya menjadi buku, menurut saya memang pantas untuk dibuat menjadi buku karena isinya sangat menginspirasi walaupun blog ini baru dibuat pada tahun 2009, banyak ilmu yang bisa diperoleh dan istimewanya penjelasan Assad pada suatu tema selalu mengutip Alqur'an atau hadist.
Buku ini karena merupakan kumpulan tulisan dari blog muhammadassad.wordpress.com, maka pembahasan temanyapun bermacam-macam tapi semuanya di tulis dari Qatar tempat Assad kuliah S2. Dimulai dari cerita bagaimana perjuangan Assad akhirnya bisa mendapat beasiswa di Qatar hingga permbahasan-pembahasan yang biasa kita temui sehari hari seperti bolehkah memelihara anjing, hukum bertato, menghargai pembantu, merokok yang merugikan, keajaiban sedekah hingga nilai dari kesuksesan. Saya suka dengan penjelasan Assad terhadap suatu tema, bahasanya jelas tapi point pembahasannya fokus. 
Ada perasaan haru dan kagum ketika saya membaca salah satu tulisan Assad ".....saya selalu memasukkan ayat-ayat Al-qur'an atau hadis dalam setiap tulisan dan menghubungkan dengan pengalaman atau masalah yang sedang ditulis. Tujuannya adalah ingin menyampaikan kepada para pembaca bahwa Islam bukan hanya sekedar agama yang hanya bisa ditemui di masjid atau sekolah.Tapi Islam adalah The way of life yang berfungsi sebagai petunjuk paling komplit dan lengkap yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Dari mulai tata cara ibadah hingga masalah menikah, dari merokok hingga mentato, semua sudah diatur dalam Islam. Meskipun terdapat ayat-ayat Alqur'an dan hadist, bukan berarti buku ini hanya eksklusif ditujukan untuk pembaca muslim. Banyak para pembaca dan teman-teman saya yang non muslim juga menjadi pembaca setia Notes From Qatar. Hal ini karena nilai-nilai yang diajarkan Islam bersifat universal dan berlaku untuk seluruh manusia. Rahmatan lil 'aalamiin".
Buku ini juga sebagai sarana mengingatkan juga bagi saya untuk selalu belajar dan apabila kita mempunyai masalah jangan kuatir karena Allah telah memberi jalan keluarnya tinggal kita apakah mau membacanya atau tidak. Hhmmmm kalau saya teruskan yang ada pujian aja nih he he, tapi untuk seorang pemuda umur 20 tahun emang tulisan ini keren abis, makanya ayooo baca :D........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar