Senin, 19 Januari 2015

Adab Jimak (Panduan Amal Sehari Semalam)

Alhamdulillah punya teman dan tetangga yang shaleha yang mengajak pada kebaikan, yang ngajak saya ikutan ngaji tiap hari Jumat di mesjid Taqwa Rawa Lumbu. Jazakillah ummu nabil dan ummu deeva semoga kita tetap istiqomah di jalan kebaikan dan kelak dikumpulkan menjadi tetangga juga di surga Allah, Aamiin..

Kajian ahhwat ini memakai buku Panduan Amal Sehari Semalam (Ummu Ihsan dan Abu Ihsan al-Atsari), enaknya punya buku panduan begini  kita jadi tau tema apa saja yang mau di bahas dan ini memudahkan kita kalau ga nyatat :) dan bisa buat baca-baca sebelum ngaji. 

Tema kajian kali ini judulnya langsung bikin senyum-senyum para emak-emak. Padahal di dalam Al-quran bahasanya ga ada yang saru malah di tulis dengan bahasa yang indah dengan perumpamaan yang sangat halus. Tidak ada yang dapat mengalahkan indahnya bahasa Alquran, ini baru saya sadari setelah saya sering berinteraksi dengan Alquran, padahal dulu saya menyakini puisi adalah bahasa sastra yang terindah.

Apa itu Jimak? Jimak itu jika diperumpamakan, ibarat  memasukkan ember kedalam sumur

Adab dalam Jimak

1. Luruskan niat sebagai bentuk ibadah untuk menjaga kesucian dan sebagai pelaksanaan hak dan kewajiban.
Seperti yang diceritakan Allah dalam surat Ali Imran ayat 14 :
"Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia, cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak, harta benda yang bertumpuk dalam bentuk emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik".

2. Mempersiapkan diri dengan sesuatu yang masing-masing di sukai pasangannya.

3.Jangan lupakan dzikir, dengan membaca doa sebelum jimak

Rasulullah bersabda, "Jika salah seorang dari kalian hendak menggauli istrinya, lalu ia mengucapkan :
"Dengan nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah kami dari syaitan, dan jauhkanlah syaitan dari anak yang Engkau karuniakan kepada kami".
Maka jika ditakdirkan terlahir seorang anak dari hubungan tersebut, niscaya syaitan tidak akan bisa memudharatkan selamanya".

Kewajiban membaca doa ini berlaku bagi suami istri, tidak hanya bagi suami saja.

4. Disyaratkan bercumbu sebelum jimak

Surat Al-baqaroh 223
"Istri-istrimu adalah "ladang" bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dengan cara yang kamu sukai. Dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menemui-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman".

5. Haram mendatangi istri dari duburnya

6. Haram hukumnya ketika istri lagi haid

Surat Al-baqaroh 222
"Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, "itu adalah sesuatu yang kotor". Karena itu jauhilah istri pada waktu haid dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci". Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh , Allah menyukai orang yang tobat menyukai orang yang mensucikan diri".

7. Tidak menyelesaikan hajatnya sebelum istrinya menyelesaikan hajatnya

8. Disunahkan berwudhu apabila ingin mengulang, makan dan minum

9. Menjaga rahasia hubungan suami istri

Sabda Rasulullah "Sesungguhnya seburuk-buruk manusia di sisi Allah pada hari kiamat adalah seorang laki-laki yang menggauli istrinya dan istrinya menggaulinya, kemudian ia menceritakan rahasia hubungan mereka berdua"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar