Minggu, 13 Oktober 2019

Yogyakarta Bercerita - Hari ke 13


Ada Apa Dengan Yogya?

Apa yang paling di rindukan dari sebuah kota Yogya? Suasana keilmuannya yang kental.
Mau belajar apa aja banyak sarana dan fasilitasnya. Senang rasanya ikut seminar, kursus atau datang mengunjungi pameran. Benar2 banyak kegiatan bagus yang sayang di lewatkan.

Ilmu atau info yang disampaikan itu beragam, kadang aku pikir Yogya itu sebagai barometer untuk menyampaikan sesuatu produk atau knowladge yang baru, mungkin responnya bisa beraneka macam dan akan di bahas dari berbagai sudut tapi setidaknya mereka mau menerima dan mendengar.

Jadi jika beberapa hari ini membaca di media tentang salah satu ustad yang di batalkan berceramah setelah diundang di Universitas Gadjah Mada, rasanya kok aneh, ini Yogya loh kota pendidikan yang egaliter, kota yang menyunjung tinggi keilmuan, ga suka dengan sesuatu maka konsep akan di balas dengan konsep.
Apalagi sampai mesjd tidak boleh dipakai kegiatan berceramah setelah di setujui dan diberitakan di media masa, aku merasa ini bukan Yogya yang aku kenal atau aku yang salah membaca berita. Entahlah jika berita itu benar aku merasa kecewa, teringat permulaan hijrahku start awal di Yogya.

Perjalananku mencari ilmu agama di Yogya ini sangat beragam tapi tidak pernah kudengar sekalipun ceramah tentang ujaran kebencian yang membenci satu golongan. Selama bertahun tahun yang kudengar betapa islam itu kasih sayang, belajar aturan islam dengan tauhid yang benar, walaupun tegas untuk lakum dinukum waliyadin.

Semoga ini bukan suatu kemunduran, tapi hanya salah memahami dari sudut pandang yang berbeda.
Jika dari kejadian ini banyak hikmah yang bisa di dapat mungkin ini yang dinamakan walau pait tapi rezeki karena berakhir dengan kebaikan, karena rezeki pun di katakan berkah jika mendekatkan kepada kebaikan, wallahualam.

Terima kasih ya Yogya, sedekah kebaikanmu sangat banyak kepada ku, begitu banyak yang aku tidak tau akhirnya menjadi tau.
Datang ke yogya dengan culun banyak yang aku ga tau, setelah di Yogya makin merasa culun ternyata semakin banyak yang aku belum mengerti.

Hanya berharap dan berdoa, semoga Yogya mempunyai pimpinan yang mencintai Allah dan Allah pun cinta padanya hingga memberkahi kota ini menjadi kota yang baldatun thayyibatun warrabun ghafur. Aamiin.

Sayangggg banget sama Yogya
Rindu sama suasana nya,
Irama kehidupannya termasuk orang2 dan segala rupa yang ada padanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar