Selasa, 05 Oktober 2021

Yogyakarta Bercerita ke 2

Dua bulan lalu sewaktu covid sedang mengganas banyak sekali berita sedih dari berbagai kota termasuk Yogyakarta.

Kehilangan teman, keluarga yang saya kenal, maupun banyak cerita yang saya baca pergi karena covid. Berita yang paling kelu anak yang kehilangan dua orang tuanya sekaligus.

Di bulan Juli, setelah subuh, salah satu teman kuliah mengabarkan melalui wa klo teman kami mas A telah berpulang karena covid. Temanku ini sangat terpukul karena ia dekat dan sering di bantu oleh mas A dan istrinya dalam pekerjaan. Yang bikin ia bersedih istri mas A ini rajin menanyakan kondisinya dan memberi semangat karena ia sedang pengobatan ca, dan ia juga lupa menanyakan bagaimana kabar mas A dan istrinya, yang ternyata lagi sakit. 

Setelah berbincang melalui wa yang penuh airmata, aku menghela nafas panjang, hidup ini sungguh tak bisa di prediksi,  hari ini sehat besok bisa lewat. Yang hari ini sakit, besok2 masih bisa tetap bertahan hidup. 

Setelah hampir dua bulan Allah pertontonkan kenyataan yang memilukan, istri kehilangan suami, suami kehilangan istri dalam waktu cepat, dan anggota keluarga yang lain,  hikmah apa yang bisa aku ambil?

Banyak sekali hikmah yang terasa. Melihat kematian di depan mata tanpa pandang strata ekonomi dan usia membuat hati dan jiwa ini juga bersiap siap seandainya waktu itu akan datang.

Sayang, hati tak pernah juga bisa siap walaupun sudah dipersiapkan semaksimal mungkin. Begitu banyak hal kebaikan yang belum di lakukan dan begitu banyak kesalahan khilaf dan dosa yang telah dilakukan.

Allah menegur manusia melalui covid ini, virus yang tak terlihat sanggup meresahkan seluruh dunia. Semua orang sibuk dan panik. Kepintaran dan kesombongan manusia ga ada apa2nya jika Allah sudah berkehendak.

Akhirnya manusia dipaksa sadar, sepandai apapun manusia, secanggih apapun teknologi, tetap kekuasaan Allah lebih besar.

Bagaimana dengan dugaan ini hanya sebuah konspirasi. Jika ini benar pun, berarti apa yang telah mereka lakukanpun telah melalui izin Allah.

Setelah sekian lama manusia lalai terhadap banyak hal, Allah paksa manusia untuk sadar dan merenung. Sekarang Setelah hampir 2 tahun di beri cobaan insya Allah akan lahir manusia manusia dengan pemahaman yang lebih baik.

#ybc2102

Tidak ada komentar:

Posting Komentar