Jumat, 08 Oktober 2021

Yogyakarta Bercerita Ke 3

Jika saya  di tanya tentang hubungan buku dan Yogya maka saya mau bilang hubungan mereka bikin saya bahagia.

Lho kok gitu? Iya karena di Yogya saya merasakan buku itu berlimpah, mudah di dapat dan harganya murah, jenisnya pun bermacam macam.

Sebagai anak daerah yang suka membaca tapi akses memperoleh buku sulit maka begitu di Yogya melihat shoping, sosial agency dan toko buku lainnya membuat saya kegirangan.

Buku apa yang berkesan selama saya di Yogya? Hhmm banyak buku tapi rata2 yang saya banyak beli selama di Yogya selain buku kuliah, buku fiksi terutama fiksi islam, buku agama dan buku psikologi dan buku pengembangan diri.

Buku fiksi islam pada tahun 90 sedang jaya2nya banyak pengarang baru bermunculan dan karyanya bagi saya seperti belajar ilmu agama secara tidak langsung. Seperti bagaimana batasan pergaulan pria dan wanita dan bagaimana hijab seorang wanita. Karena disampaikan lewat cerita bagi saya lebih masuk ke hati.

Buku agama tempat pencarian saya lebih lanjut. Ketika di Yogya dan bergaul di kampus saya merasa ilmu agama saya nol, teman2 saya yang kebanyakan lulusan pesantren pada pinter2 yang membuat saya takjub. Asli waktu itu saya sempat minder. Tapi kemudian saya berusaha untuk banyak belajar.

Sedangkan buku psikologi dan pengembangan pribadi saya tertarik bagaimana menjadi pribadi yang bermanfaat. Selain itu saya membawa luka pribadi dalam kehidupan masa lalu saya yang berusaha saya sembuhkan. Luka ini tidak mengganggu secara kepribadian tapi dia seperti memori yang selalu ada si kepala saya, kadang keluar dan kadang hilang bertahun tahun. 

Jadi itulah kenangan antara saya, buku dan Yogya. Bagi saya menulis itu cinta, membaca itu kebahagian. Meninggalkan jejak kenangan lewat tulisan membuat saya belajar dan melihat bagaimana proses pendewasaan saya dari tahun ke tahun. Saya bertumbuh, saya dewasa tapi adakalanya saya terjatuh sedalamnya ketika saya terluka.

#ybc2103




Tidak ada komentar:

Posting Komentar