Selasa, 26 September 2023

Tadabbur Al-Quran Bersama RSC Rahmah Study Club

Berawal dari melihat postingan mbak DK Wardhani yang bercerita mengikuti kelas tadabbur dan membagikan catatan hasil belajar nya. Waktu itu tema nya surat Alfatiha dan dibahas per satu ayat dan kemudian di tadaburi dengan membaca berbagai referensi. 

Yang ada dalam pikiran saya, Ya Allah satu ayat saja banyak makna yang bisa dijelaskan dan di tadaburi dengan hati. Selama ini Alfatiha hanya terlafaz dengan mudah di lisan tidak sampai di hati walau di kelas tahsin juga sudah pernah di bahas tapi hanya lewat begitu saja. 

Dari sini saya memasang niat, pengen ikut kelas ini jika dibuka lagi. Alhamdulillah pas pengumuman di ig tentang pembukaan kelas pas juga saya lagi baca, langsung deh daftar. 

Di awal pembukaan saat kelas orientasi, ada pertanyaan yang sangat membekas di hati saya. Pemateri menceritakan seringkali orang bertanya bagaimana cara agar Istiqomah dengan Alquran, ustadz ini bercerita, terus terang saya bingung menjawabnya fenomena apa atau memang seperti ini zaman sekarang, kenapa pertanyaan ini sering muncul di setiap kelas tadabbur, emang jika tidak Istiqomah dengan Alquran mau Istiqomah dengan apa? Dunia? Sudah jelas yang satu menenangkan dan satu bikin ga habis untuk dikejar. 

Jujur saya merupakan bagian dari salah seorang penanya itu, karena pengalaman menginisiasi belajar tahsin di komplek sekitar 10 tahun lalu, kondisi belajar up and down, bermula dari 20 peserta berakhir dengan 5 peserta sampai saat ini. Apakah 5 peserta ini merupakan bibit unggul? Ga juga karena saya termasuk salah satunya dan beberapa teman juga kondisinya sering up and down walau ada dua orang yang stamina istiqomahnya luar biasa. 

Dari sini saja tau banget kelemahan saya, saya sangat perlu pertolongan Allah dan saya butuh berdoa agar Allah menolong saya untuk mencintai belajar dan mengamalkan Al-Qur'an. 

Saya sangat cinta ketika sedang belajar Alquran saya semangat dan merasa sangat haus akan ilmu, tapi seperti biasa setan selalu punya banyak cara untuk menggoda agar lalai dan pas ketemu ketika iman saya sedang lemah.

Berharap dengan ikut kelas tadabbur ini, saya lebih memaknai setiap ayat yang keluar dari lisan saya agar lebih paham apa yang saya baca, apa yang saya minta kepada Allah dan apa makna dari doa yang saya minta. 

Biidznillah, semoga Allah beri ridho dan pertolongan untuk saya dalam belajar. Allah fakih kan saya dalam menuntut ilmu, Aamiin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar