Selasa, 26 September 2023

Tadabbur Bismillahirrahmanirrahim

Tadabbur Bismillahirrahmanirrahim

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang 

Jika kita hendak melakukan sesuatu kita membaca basmallah tujuannya agar tidak ada yg lain di dalam hati kita selain Allah SWT baik secara lisan maupun secara hati. 

Iqra dalam suat Al alaq mempunyai arti bacalah dengan menyebut nama TuhanMu
Ini yang menjadi dasar kenapa kita harus membaca basmallah sebelum memulai kegiatan. 
Tujuannya kita meminta keberkahan dan pertolongan dari Allah agar kita mendapat kebaikan yang menancap dengan kokoh lalu berkembang dan langgeng. 

Jika kita bertanya kenapa kita belum menjadi orang baik, padahal kita sudah sholat dll, maka perlu dipertanyakan lagi apakah bacaan basmalah yang kita baca dihayati atau tidak, karena dengan membaca basmallah kita meminta pertolongan dan keberkahan dari Allah yang kelak apapun yang akan kita lakukan menjadi kebaikan yang banyak dan Istiqomah.

Ada dua pendapat yang mengatakan apakah Basmallah merupakan kalimat yang berdiri sendiri atau bagian dari setiap surat.

Pendapat pertama mengatakan bagian dari setiap surat kecuali surat At taubah, pendapat kedua mengatakan merupakan bagian dari surat alfatihah.

Mayoritas ulama mengatakan basmallah merupakan ayat yg berdiri sendiri yang mengantar surat alfatihah.

Begitu juga dengan pembacaan basmallah ada yg mengatakan di baca dengan keras, dibaca tidak dikeraskan dan tidak di baca sama sekali. 

Setiap pendapat mempunyai dasar masing-masing. 
Pada intinnya kalimat basmallah ini sangat berkah. Basmallah zikir yang paling mudah diucapkan, oleh karena itu jangan lupa mengawali dengan basmallah setiap melakukan aktifitas .

Bacalah basmallah terutama ketika mengawali pembicaraan, pada saat berwudhu, pada saat masuk ke toilet dan pada saat melakukan hubungan suami istri. 

Selain itu juga basmallah juga dapat melawan perbuatan syaitan. 

Arti kata:
Bismi, dengan menyebut
Allah, merupakan nama untuk Rabb, yang merupakan nama yang paling agung mencakup segala sifat
Arrahman, nama yang bersifat umum meliputi segala macam bentuk Rahmat. 
Nama ini di khususkan untuk Allah SWT semata
Arrahim, memberikan kasih sayang, hanya kepada orang-orang beriman
Dapat disimpulkan bahwa diantara nama-nama Allah itu ada yang disebutkan untuk selain diriNya tetapi ada juga yang hanya khusus untuk diriNya
Oleh karena Dia memulai dengan Bismillah, dengan nama Allah, lalu mensifati nama tersebut dengan ar-Rahman, karena ar-Rahman itu lebih khusus dan lebih dikenal dengan ar-Rahim.

Para ulama mengatakan, pada setiap perkara kebaikan yang tidak diawali dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim maka terputus dari keberkahan. 

Dalam ucapan bismillahirrahmanirrahim terkandung makna meminta keberkahan dan meminta pertolongan dari Allah, karena apapun kebaikan yang kita lakukan semata karena pertolongan Allah bukan karena diri kita. 

Sumber ; Kajian ustad Nuzul Dzikri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar