Selasa, 26 September 2023

Tadabbur Arrahmanirrahim

Tadabbur Arrahmanirrahim

Arrahmanirrahim, Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang, yaitu yang mempunyai rahmat.

 Rahmat ialah menghendaki kebaikan bagi orang yang menerimanya.

Arrahman artinya pemilik kasih sayang yang maha luas sedang arrahim yang memberikan sifat kasih sayang itu kepada makhluk-makhluk nya.

Dalam ayat sebelumnya kita memahami bahwa segala ciptaan, pengaturan dan pemilikan Allah itu harus kita patuhi dan puji, kemudian di ayat ini dijelaskan kita lakukan itu semua karena apapun yang Allah lakukan itu semua lahir dari sifat kasih sayang.

Ayat ini memberikan harapan dan optimisme kepada kita. Jika kita berbicara tentang rahmat Allah maka kita akan optimis sesulit apapun keadaan kita saat ini, karena Allah yang memberikan kondisi seperti itu karena kasih sayang Nya. 

Dalam sebuah hadis dinyatakan bahwa Allah mempunyai 100 rahmat dan yang Allah turunkan kedunia ini hanya satu rahmat dan dengan rahmat itu manusia saling menyayangi dan mencintai begitu juga dengan binatang buas dengan satu rahmat itu dia menyayangi anaknya.

Allah tunda 99 rahmat itu di hari kiamat agar umatnya bisa merasakan kasih sayang itu dan mengungkapkannya. Allah berikan 99 rahmat itu kepada hamba2nya yang sabar, sabar ketika menghadapi ujian di dunia.

Pantaskah kita suudzon kepada Allah, malas beribadah kepada Allah jika yang Allah janjikan 99 rahmat di hari akhir.

Resepi dan hadirkan hati jika kita membaca Arrahmanirrahim bayangkan nikmat2 yang telah Allah berikan dan nikmat yang paling besar adalah hidayah. Banyak orang yang lebih hebat dari kita tapi mereka blm mendekat kepada Allah maka bersyukurlah ketika Allah beri hidayah kepada kita untuk mendekat kepada Allah dan itu baru satu Rahmat yang Allah berikan.


Sumber: Kajian ustad Nudzul Zikri

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar