Jumat, 04 Januari 2013

Copy Paste Dalam Desain Busana Muslim

Thamrin City saat ini menjadi favorit emak-emak untuk belanja dan cuci mata termasuk saya lah :).  Tempat yang nyaman, harga yang bersaing dan banyak pilihan. Saya merasa saat ini perkembangan busana muslim baik model jibab dan busana muslim cepat sekali pernggantian modelnya. Mungkin bisa seminggu sekali pedagang mengeluarkan trend terbaru.

Saya suka mengamati trend busana muslim di sana. Sayang saya sering menemukan desain yang copy paste. Saya sudah lama menyukai merk busana muslim Up 2 Date. Label ini yang pertama kali meluncurkan bahan kaos untuk busana muslim. Setelah itu bermunculan penjual yang memproduksi sama. Tidak hanya baju saja yang mereka bikin sama tapi juga jilbab.

Kadang karena penasaran, walaupun saya sudah punya model busana yang berlabel tadi tapi saya beli juga yang mirip. Memang sepintas ga jauh beda dari segi bahan dan model tapi yang bikin saya sedih penghargaan terhadap karya cipta menjadi tidak ada artinya.

Saya membayangkan seorang desain itu sebelum merancang model pasti dia riset dulu, memilih bahan, memikirkan model yang cocok dan itu tidak bisa dengan sehari jadi. Sedangkan yang copy paste tinggal contek langsung jadi. 

Walaupun sekarang pembeli sudah semakin cerdas dan label itu saya liat tidak merugi tapi malah semakin bertumbuh termasuk harganya :). Sikap dan kebiasaan yang copas ini yang membuat saya miris, tapi tidak semua busana muslim di sana yang copas banyak juga yang desain sendiri dan itu lebih bagus dan mempunyai banyak penggemar. Pernah saya liat toko mereka siang-siang sudah kehabisan barang.

Menurut saya mending bikin desain sendiri, berjibaku dengan "kerepotan" dalam berkarya tapi hasil yang diperoleh lebih bernilai daripada hanya sekedar copas. Kalau semua orang berpikiran seperti itu tentu kita bisa melihat desain yang lebih beragam daripada satu pasar model busananya sama semua. Karakter seseorang bisa diliat dari cara berpakaiannya tapi kalau semua orang memakai baju yang modelnya semua sama, ga ada lagi orang yang unik dengan karakternya masing-masing, ga asyik khan yang kayak gini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar