Sabtu, 14 Juli 2012

Chairul Tanjung (CT) Si Anak Singkong


Judul Buku           : Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Pengarang            : Tjahja Gunawan Diredja

Penerbit               : Kompas

Jumlah Halaman   : 384

" Saya senang membaca, mungkin karena sering menemui perihnya kehidupan menjadikan saya serius memandang segala sesuatu dan lebih peka dibandingkan teman saya lainnya"

Saat membaca buku ini banyak yang membuat saya tercenung dan terkaget-kaget. Saya sendiri sebelum membaca buku ini hanya tau CT (Chairul Tanjung) sekilas, karena ia pengusaha yang punya bisnis pertelevisian, tempat permainan, hotel, dll. Saya pikir CT seperti pengusaha besar pada umumnya di Indonesia, klo tidak seorang anak pengusaha atau dekat dengan penguasa. Ternyata semua dugaan saya salah. Maka inilah pentingnya menulis dan membuat sebuah buku, walaupun yang menulis bukan CT sendiri tapi setidaknya orang akan tau bagaimana proses CT menjadi pengusaha dan ini bisa menjadi inspirasi banyak orang.
Lahir dari keluarga miskin tapi tetap mengutamakan pendidikan, CT harus berjuang sendiri untuk tetap bisa bertahan kuliah. CT tidak tega minta biaya ke orang tuanya apalagi setelah ia tau ibunya menjual kain halus miliknya untuk biaya masuk kuliah Kedokteran Gigi. Dari kampus Salemba lah proses menjadi pengusaha dimulai. Bermula dari usaha fotocopian diktat teman-teman kuliah sampai alat kedokteran untuk pratikum mahasiswa, semua dilakoni CT. Dari sifatnya yang saya baca walaupun CT berusaha keras untuk biaya hidup dan kuliah tapi ia tetap dermawan, ia sering mentraktir teman-temannya di kantin dari keuntungan usahanya. CT juga orang yang supel ia berteman dan dekat dengan semua baik dosen, orang kaya, pejabat, semua didekatinya tanpa rasa minder. Saya rasa ini salah satu kunci sukses CT, walaupun kita susah kita tetap memberi kepada orang lain, tetap percaya diri dalam pergaulan, pengakuan CT saat kuliah celananya hanya ada 2 dan itu selalu dipakai bergantian.
CT dikampus tidak hanya berbisnis tapi juga menjadi aktivis mahasiswa ia pernah memimpin demo atas penolakan Rektor baru di UI, ia menjadi ketua di macam-macam kegiatan mahasiswa, bahkan kegiatan sampai tingkat nasional. Dari sini tampak jiwa kepinpinan CT telah diasah semenjak ia kuliah apalagi dengan sering menjadi koordinator atau ketua secara tidak lansgsung belajar manajemen organisasi dan orang banyak, mungkin ini adalah ilmu yang tidak bisa didapat di bangku kuliah tapi harus praktek sendiri di lapangan dengan mengalaminya. 
Setelah bisnis yang dimulai dari Salemba akhirnya CT melirik bisnis lainnya, pabrik sepatu yang menjadi pabrik sendal, mengambil alih Bank Mega, mendirikan media Televisi dengan nama Trans TV, membuat tempat bermain Trans Studio di luar daerah dan banyak lainnya. Yang bisa saya ambil pelajaran dari sekian banyak bisnis CT ini, semuanya memakai proses dan analisa tidak ada yang asal ambil tapi semua dengan perhitungan dan tekad harus menjadi no 1 dibisnis tersebut atau paling tidak no 2, jiwa petarung dan juara CT ikut memberikan suntikan semangat yang besar terhadap pelaksanaan kegiatan bisnisnya dan ia adalah orang yang selalu terjun langsung tidak hanya sekedar menerima berkas dan laporan.
Dalam kehidupan sosial dan masyarakatnya, CT menyeimbangakan kegiatannya tidak hanya kegiatan bisnis dengan memikirkan keuntungan saja tapi CT ikut dalam kegiatan sosial dan masyarakat. CT dalam beberapa periode menjadi ketua alumni SMA Budi Oetomo, menjadi ketua PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia), mendirikan sekolah unggulan gratis bagi warga miskin, program berbagi paket sembako dll. Insya Allah dengan banyak memberi, rezeki yang didapat menjadi bertambah dan berkah. 
Sebagai seorang suami dan ayah 2 orang anak CT menjadikan keluarga sebagai pilar utama, apalah arti kesuksesan di luar rumah jika tidak dibarengi dengan keharmonisan keluarga, itulah yang CT tanamkan kepada keluarganya ditengah kesibukannya dan menyediakan weekend sebagai waktu untuk keluarga.
Secara keseluruhan buku ini bagus menjadi bacaan untuk semua umur, yang muda bisa belajar semangat dan menghargai sebuah proses sebuah usaha, jangan takut bermimpi walaupun keadaan kita saat ini sangat sulit. tetap kerja keras dan jangan patah semangat. 
Saya sendiri berharap CT mau menulis buku lain dengan pengalaman-pengalaman dari sisi lain, sebagai orang yang sudah 30 tahun mengeluti dunia usaha tentu banyak perjalanan yang telah dilalui, karena seperti kata pepatah pengalaman adalah guru yang terbaik, maka jika kita banyak membaca pengalaman orang lain kita bisa belajar dari kesalahan yang ada dan mengambil manfaat dari langkah yang terbaik.
Sukses terus pak Chairul Tanjung dengan Trans Corp nya seperti visi Indonesia 2030 yang bapak canangkan semoga dapat terwujud dan menjadi harapan kita semua rakyat yang sangat cinta dengan Indonesia, bravo :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar